Widget HTML Atas

Kenapa Game Online Bisa Bikin Kecanduan?

Kenapa Game Online Bisa Bikin Kecanduan?
Pasti diantara kalian para pembaca setia www.trikteknologi.id adalah para pecinta game, entah itu hanya bermain game disaat senggang sampai para pemain game pro yang menghasilkan banyak uang dari game.

Bermain game memang mengasyikkan sampai-sampai kita bisa lupa waktu, lupa makan, bahkan lupa sudah punya anak istri hahaha.

Dulu kala orang hanya bermain game (permainan) hanya menggunakan alat seadanya seperti bermain petak umpet, dakon, catur dan sebagainya.

Memasuki era milenial mulai muncul game console seperti Playstation yang sangat saya gemari pada saat itu sampai rela antri di rental PS ber jam-jam agar bisa bermain game hhh sungguh kenangan yang indah.

Selain munculnya Playstation, juga muncul game-game sederhana di Handphone jadul seperti merek Nokia yaitu game ular-ularan yang sangat legends sekali.

Kalian akan dianggap menang jika poin kalian semakin banyak dan dianggap kalah jika kepala ular menyentuh bagian tubuh atau ekor ular.

Memasuki era selanjutnya muncul handphone dengan mengusung OS Symbian seperti Nokia 7610, Nokia 6600 yang legendaris. Banyak game-game terkenal yang bisa dimainkan dengan handphone ini seperti Asphalt, Sky Force, Mortal Combat dll
Adapun game-game diatas kita sebut sebagai game offline karena untuk memakainya kita tidak memerlukan koneksi internet

Kenapa Game Online Bisa Bikin Kecanduan?
  • Apa Itu Game Online
  • Penyebab Orang Bisa Kecanduan Game Online
  • Ciri-Ciri Orang Kecanduan Game Online
  • Tips Mengatasi Kecanduan Game Online


  • 1. Apa itu Game Online

    Game Online merupakan jenis game yang bisa dimainkan ketika perangkat kita tersambung ke koneksi internet.
    Banyak sekali jenis game online yang terkenal sampai saat ini seperti 
    Mobile Legends
    Free Fire
    PUBG
    Vainglory
    Dll.

    Merebaknya game online dikarenakan semakin canggihnya perangkat Smartphone yang menggunakan OS Android yang selalu update setiap saat biar selalu kece badai dan meminimalkan adanya bug.
    Saking asyiknya bermain game online bisa menyebabkan kita lupa waktu dan lupa segalanya.

    2. Penyebab Orang Bisa Kecanduan Game Online


    A. Faktor Pertemanan

    Ketika kalian memiliki lingkaran pertemanan para pemain game, sudah dipastikan kalian juga akan tertular ikut-ikutan suka game. Ibarat pepatah, orang yang bergaul dengan penjual parfum maka dia akan ikut wangi. Orang yang bergaul dengan penjual ikan maka akan ikut amis. 
    Hal ini tidak berpengaruh bagi kalian yang jelek terus bergaul dengan orang tampan maka akan ikut-ikutan tampan. Yang ada kalian malah akan terlihat lebih jelek dari lainnya wkwk

    B. Hadiah yang Besar

    Well. Game Online memang memberikan hadiah yang super besar sekali mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 
    Banyak sekali pihak turnamen E-Sport yang menyedihkan tempat untuk beradu skill bermain game online di tiap-tiap kota di seluruh indonesia.
    Hal itu membuat naluri tiap para pemain game untuk terus mengasah permainannya agar semakin ciamik dan hebat.

    C. Menghilangkan Stress

    Banyak diantara kita yang mengalami stres dan penat setelah bersekolah maupun bekerja seharian. Salah satu hal sebagai bahan pelarian yaitu bermain game.

    Bermain game memang bisa sedikit meringankan beban kalian setelah melalui aktivitas harian yang melelahkan.

    Game Online juga bisa mengatasi kegalauan habis diputisin sama pacar, rebutan harta gono gini, rebutan anak dll :D

    D. Banyak Game Baru Bermunculan

    Merebaknya Perangkat Smartphone berbasis Android baik dikalangan bawah, menengah sampai atas tidak disia-siakan oleh para developer game.

    Banyak sekali game-game baru bermunculan mulai dari COC (Clash Of Clans), ML (Mobile Legends, FF, (Free Fire) hingga game yang paling baru dan terlaris yaitu game cacing hh.

    E. Mendapatkan Dunia Tersendiri

    Banyak para penderita Ansos (Anti Sosial) dan Phobsos (Phobia Sosial) menghabiskan waktunya berjam-jam hanya untuk bermain game. 

    Meskipun di dunia nyata sangat sedikit sekali temannya, akan tetapi di dunia maya sangat banyak hingga ribuan.
    Oleh karena itu bermain game online merupakan ajang bersosialisasi bagi para Ansos dan Phobsos karena di dunia maya lebih mengasyikkan dibanding dunia nyatanya.

    F. Kurangnya Perhatian

    Salah satu penyebab orang bisa kecanduan bermain game online yaitu kurangnya perhatian baik dari orang tua maupun dari teman-teman.

    Banyak orang yang berusaha mencari perhatian dari lawan jenis akan tetapi selalu dicuekin. Karena saking kesalnya dan marahnya pada orang yang di PDKT in akhirnya yang jadi bahan pelampiasan diri adalah bermain game hh.

    G. Orang Tua yang Terlalu Memberikan Kebebasan

    Peran orang tua sebagai pemberi motivasi dan edukasi kepada anak-anak sangatlah penting. 

    Terlalu mengekang kebebasan anak merupakan hal yang tidak baik. Begitupun sebaliknya, terlalu memberikan kebebasan kepada anak-anak juga memberikan efek buruk.

    Ketika anak terlalu diberikan kebebasan maka anak akan selalu mencoba hal-hal yang menurutnya menarik tanpa tahu mana baik dan buruknya.

    Game Online merupakan permainan yang sangat seru, jika tidak dikontrol dengan baik oleh orang tua maka anak bisa-bisa kecanduan dan bisa kebablasan membeli item game yang harganya jutaan tanpa sepengetahuan orang tua (seperti yang ada diberita belum lama ini).

    H. Skor Tinggi

    Di game online kalian akan mendapatkan skor tinggi jika berhasil menjadi yang terbaik dari pemain lainnya. Skor itu juga bisa langsung dilihat oleh pemain game seluruh dunia jadi para pemain game akan terus terpacu untuk menjadi yang terbaik.

    Pastinya para pemain game akan bangga jika dia bisa menjadi yang terbaik pada suatu game dan bisa dipamerkan ke teman-temannya

    I. Mengalahkan Game

    Dalam bermain game kita akan terus terpacu untuk mengalahkan game itu sendiri.

    Ada beberapa game yang memberikan skin gratis dengan syarat bisa memenangkan beberapa pertandingan tanpa kalah dalam suatu game.
    Hal itu membuat para pemain game semakin kecanduan untuk terus bermain game

    J. Developer Game Selalu Mengembangkan Gamenya

    Hampir setiap saat developer game selalu memperbaharui gamenya agar semakin bagus seperti menambahkan beberapa hero, skin, interface yang bagus dan penyempurnaan dari adanya bug.

    Oleh sebab itu para pengguna game akan semakin nyaman dibuatnya dan semakin betah karena game online tersebut selalu update hal terbaru agar penggunanya tidak bosan.

    K. Mencari Taktik

    Hal paling umum yang dipelajari para pemain game adalah mencari taktik yang terbaik untuk memenangkan suatu game. 

    Banyak cara yang dilakukan mulai melihat tutorial di youtube, melihat streaming pemain top global sampai mempelajari suatu hero yang menurutnya terbaik 

    L. Menjalin Hubungan

    Pada game online seseorang tidak hanya disuguhkan dengan permainan yang seru, akan tetapi di game online kalian bisa berinteraksi dengan orang lain.

    Banyak yang telah menjalin asmara diawali dari bermain game. Banyak juga hal negatif yang ditimbulkan dari game online seperti mengeluarkan kata-kata kotor yang tak pantas dibicarakan

    M. Menjadi Media untuk Mengekspresikan Diri

    Tidak hanya media sosial yang bisa dijadikan sebagai media untuk mengekspresikan diri, melalui game online pun kalian juga bisa.

    Banyak fitur game online yang membuat para penggunanya betah mulai dari upload foto pada profil pengguna, menambahkan status, memamerkan hero yang dipunyai dll.


    3. Ciri-Ciri Orang Kecanduan Game Online

    Adapun ciri-ciri orang yang telah kecanduan game online adalah sebagai berikut :

    A. Cemas dan Selalu Ingin Bermain Game

    Orang merasa cemas biasanya karena takut ketahuan mencuri, berbohong dan sebagainya.

    Tapi zaman sekarang orang cemas tidak hanya menghampiri orang-orang yang seperti diatas, akan tetapi para pecandu game online pun jug merasa cemas
    Pasalnya banyak pemain game yang cemas ketika ranknya turun, selalu kalah dalam bermain dll. 

    B. Selalu Memikirkan Strategi Bermain Game dimanapun Berada

    Orang yang kecanduan game online akan terus memikirkan strategi bermain game dimanapun berada. Hal itu membuat orang tersebut tidak fokus menghadapi hidup.

    C. Tidak Tenang Ketika Tidak Ada Smartphone

    Handphone ketinggalan di rumah saja bisa bikin kamu tidak tenang karena tidak bisa memainkan game yang kamu sukai, lupa buka peti atau turnamen yang hampir selesai.

    D. Lebih Suka Mengurung diri Ketimbang Bertemu dengan Teman-teman

    Para pecandu pemain game online biasanya selalu mengurung diri di rumah ketimbang bertemu dengan teman-temannya. Mereka lebih suka berinteraksi melalui game online.


    4. Tips Mengatasi Kecanduan Game Online

    Nih bagi kawan-kawan yang kecanduan game online bisa ikuti tips dari trik teknologi

    A. Awali dengan Niat

    Cara mengatasi kecanduan game online adalah awali dengan niat yang baik. 
    Tanamkan pada diri kalian bahwa terlalu sering bermain game bisa berakibat kurang baik. 

    B. Batasi Penggunaan Smartphone

    Silahkan jadwal penggunaan smartphone. Jika kalian sedang tidak melakukan apa-apa lebih baik jangan pegang smartphone karena nanti ujung-ujungnya pasti buka game online.

    C. Cari Hobi Baru atau Perdalam Hobi Lama Kalian

    Mulailah mencari hobi baru yang membuat kalian lebih banyak melakukan aktifitas fisik seperti bermain bola, berlari, senam dsb. Hal itu akan mengurangi tingkat kecanduan kalian terhadap game online.

    D. Kurangi Budget

    Banyak pemain game online yang rela menghabiskan uang jutaan rupiah untuk membeli suatu item game. Hal itu sah-sah saja jika kalian sudah bekerja, akan tetapi lebih baiknya kalian gunakan uang tersebut untuk hal-hal yang lebih positif. 

    Kalian juga bisa gunakan uang kalian untuk menabung biar semakin banyak uang kalian yang tersimpan.

    E. Carilah Hal yang Bisa Memotivasi

    Carilah motivasi dari orang-orang sukses yang bisa berhasil sebelum umur 30 tahun. Saya yakin mereka semua bukanlah para pecandu game yang dalam waktu 24 jam hanya bermain game saja. 

    F. Tentukan Waktu Bermain Game

    Jika kalian masih punya keinginan untuk bermain game online dan terasa tidak kuat untuk menahannya maka batasi waktu harian dalam bermain game. 

    Untuk awalan batasi bermain game selama 1 jam. Setelah itu bisa kalian kurangi intensitas bermainnya.

    G. Berkumpul Bersama Teman-Teman

    Banyak hal yang kita lewati ketika kita bermain game salah satunya kita tidak bisa berkumpul dengan teman-teman kalian.

    Jangan sampai kalian menyesal di hari tua karena lingkaran pertemanan kalian sangat kecil karena di masa muda hanya menghabiskan waktu untuk bermain game saja.

    H. Mengalihkan ke Kegiatan yang Lain

    Banyak kegiatan positif diluar sana yang lebih asyik daripada bermain game. 

    Cobalah melakukan traveling ke tempat-tempat yang jarang kalian singgahi, bermain bola, melakukan baksos bersama karang taruna dll.
    Hal itu akan mengurangi tingkat kecanduan kalian terhadap game online.


    Nah itu tadi teman-teman penjelasan tentang kenapa game online bisa menyebabkan kecanduan beserta tips cara mengatasinya.
    Semoga artikel sederhana ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel yang selanjutnya :)
    Fathul
    Fathul Seorang yang senang menulis dan bermusik

    Tidak ada komentar untuk "Kenapa Game Online Bisa Bikin Kecanduan?"

    Berlangganan via Email