Widget HTML Atas

Cara mengontrol kamera DSLR menggunakan hp Android



Bagi kalian yang memiliki kamera yang sudah dilengkapi dengan “Flip Screen”  (layar yang bisa dibalik) mungkin tidak akan kesusahan untuk memonitor atau mengontrol apakah kalian sudah pas atau belum dalam melakukan pemotretan maupun perekaman video, akan tetapi bagi kalian yang memiliki kamera dslr yang belum support flip screen pasti akan kesusahan dalam menentukan sudut pandang dan angel yang bagus dan 

biasanya harus dibantu dengan orang lain.
Biasanya untuk mengontrol atau memonitor kamera dslr tanpa flip screen digunakan alat tambahan yang bernama “Monitoring Camera” yang memiliki harga lumayan mahal sampai jutaan rupiah. 

nah bagi kalian yang tidak mempunyai dana lebih, mungkin tutorial inilah yang kalian tunggu karena hanya menggunakan smartphone android kalian bisa mengontrol dan memonitor kamera dslr secara mudah.

Adapun langkah yang harus kalian lakukan yaitu download aplikasi yang bernama DSLR CONTROLER dibawah ini :


Setelah kalian selesai mendownload, maka langsung saja kalian install aplikasi tersebut di hp android kalian.



Ketika muncul pemberitahuan seperti ini, silahkan matikan data maupun wifi yang tersambung di hp kalian agar aplikasi ini tidak melakukan update.

Setelah kalian berhasil mematikan data, maka langkah selanjutnya kalian close aplikasi tersebut lalu kalian sambungkan kamera dslr kalian dengan hp android yang terinstall aplikasi tadi menggunakan kabel kamera digital pocket seperti gambar dibawah ini.



Pastikan hp android kalian telah support otg ya gaes, karena jika belum support, maka bisa dipastikan kamera kalian tidak akan bisa tersambung.

Setelah kalian sambungkan kamera ke smartphone android maka langkah selanjutnya kalian buka aplikasi DSLR CONTROLER yang telah terinstall di hp kalian tadi. Setelah aplikasi terbuka, maka akan ada 2 pilihan antara DSLR Controller dan pengimpor kamera. Maka kalian pilih saja yang DSLR Controller.

Setelah langkah demi langkah telah kalian lakukan seperti tutorial diatas, maka kalian telah berhasil membuat hp android kalian menjadi alat untuk memonitoring kamera tanpa harus keluar biaya yang sangat mahal untuk membeli monitoring camera. 

Kalian bisa langsung menggunakan hp android kalian untuk memulai mengambil foto maupun merekam video.
Didalam aplikasi tersebut bisa kalian setting mulai dari ISO, Auto Focus, Aperture, Exposure, Shutter Speed dll.







Dalam membuat tutorial ini kami menggunakan hp redmi note 3 yang dalam prakteknya memiliki beberapa kekurangan yaitu tampilan layarnya delay. Kami kurang mengerti darimana penyebab layar delay tersebut, apakah dari hp redmi note 3 atau memang dari kameranya. 

Dalam tutorial ini kami menggunakan kamera Canon 700D yang sebenarnya sudah terdapat flip screen pada kameranya.

Untuk tutorial dalam bentuk videonya silahkan kalian lihat dibawah ini

Ok mungkin cukup sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial kami yang selanjutnya. 
Fathul
Fathul Seorang yang senang menulis dan bermusik

Tidak ada komentar untuk "Cara mengontrol kamera DSLR menggunakan hp Android"

Berlangganan via Email